Selasa, 08 November 2011

Review jurnal 1

Judul: Analisa kesehatan Bank dengan Metode CAMEL pada PT BANK RAKYAT INDONESIA
Pengarang: Yaumil Shasha, 2010
Tema: Analisa Kesehatan Bank dengan metode Camel

Latar Belakang masalah

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara dalam menyalurkan dana dari pihak yang kelebihan dan (surplus) kepada pihak yang membutuhkan dan kekurangan dana (unit defisit) jadi bank merupakan lembaga intermediary atau perantara penyalur dana.

Bank juga merupakan alternatif pilihan masyarakat dalam menyimpan uangnya karena bank merupakan tempat yang aman dan terpercaya sebagai lembaga yang menyediakan fasilitas yang memadai dalam pengelolaan dan penempatan dana.

Oleh karena itu, diperlukan faktor ‘kepercayaan’ dari masyarakat, karena banyaknya bank yang dilikuidasi membuat masyarakat harus cermat dalam memilih bank yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan uang karena tingkat kesehatan bank merupakan faktor utama para nasabah.

Untuk mengetahui tingkat kesehatan bank dapat dilihat dari laporan keuangan yang dibuat secara periodik oleh bank tersebut. Analisis yang digunakan adalah dengan metode CAMELS.Setelah mengamati masalah yang diatas, maka dalam penulisan ilmiah ini penulis mengambil judul “ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN METODE CAMELS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk.”

Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ilmiah ini adalah bagaimana tingkat kesehatan bank yang diukur menggunakan metode CAMELS yang meliputi penilaian berdasarkan Capital (modal), Assets (Aktiva), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas, dan Sensitivity to Market Risk (sensitivitas pada resiko pasar) pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan pada Bank Rakyat Indonesia dengan melihatnya dari segi Capital (permodalan), Assets (kualitas Aktiva Produktif), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas, dan Sensitivity to Market Risk (Sensitivitas terhadap Resiko Pasar)

Sumber: http://yaumilshasa.blogspot.com/2010/05/analisis-kesehatan-bank-dengan-metode.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar