Selasa, 08 November 2011

Analisa Jurnal 1

Judul: ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN METODE CAMELS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBK.
Pengarang:
Tema: Analisa Kesehatan Bank dengan Metode CAMEL


Latar Belakang masalah

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara dalam menyalurkan dana dari pihak yang kelebihan dan (surplus) kepada pihak yang membutuhkan dan kekurangan dana (unit defisit) jadi bank merupakan lembaga intermediary atau perantara penyalur dana.

Bank juga merupakan alternatif pilihan masyarakat dalam menyimpan uangnya karena bank merupakan tempat yang aman dan terpercaya sebagai lembaga yang menyediakan fasilitas yang memadai dalam pengelolaan dan penempatan dana.

Oleh karena itu, diperlukan faktor ‘kepercayaan’ dari masyarakat, karena banyaknya bank yang dilikuidasi membuat masyarakat harus cermat dalam memilih bank yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan uang karena tingkat kesehatan bank merupakan faktor utama para nasabah.

Untuk mengetahui tingkat kesehatan bank dapat dilihat dari laporan keuangan yang dibuat secara periodik oleh bank tersebut. Analisis yang digunakan adalah dengan metode CAMELS.Setelah mengamati masalah yang diatas, maka dalam penulisan ilmiah ini penulis mengambil judul “ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN METODE CAMELS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk.”

Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ilmiah ini adalah bagaimana tingkat kesehatan bank yang diukur menggunakan metode CAMELS yang meliputi penilaian berdasarkan Capital (modal), Assets (Aktiva), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas, dan Sensitivity to Market Risk (sensitivitas pada resiko pasar) pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan pada Bank Rakyat Indonesia dengan melihatnya dari segi Capital (permodalan), Assets (kualitas Aktiva Produktif), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas, dan Sensitivity to Market Risk (Sensitivitas terhadap Resiko Pasar)

Sumber: http://yaumilshasa.blogspot.com/2010/05/analisis-kesehatan-bank-dengan-metode.html

Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat, yaitu :

Bagi penulis
Untuk mengetahui seberapa jauh ilmu yang diperoleh selama perkuliahan berlangsung dan seberapa jauh penulis dapat memecahkan suatu permasalahan.

Bagi perusahaan
Untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik dalam pengelolaan dan efektivitas kinerja Bank yang bersangkutan serta untuk mempertahankan atau memperbaiki kinerja bank agar lebih baik lagi

Bagi pihak lain
Sebagai bahan acuan bagi penulis lainnya dalam melakukan penelitian berkaitan dengan tingkat kesehatan bank dengan metode CAMELS

 Metodelogi Penelitian

Objek Penelitian

Penulis mengambil objek penelitian terhadap PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam menganalisis tingkat kesehatan bank menggunakan metode CAMELS.

Data/Variabel

Dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk yang terdiri dari:

Laporan Neraca
Laporan Laba-Rugi
Perhitungan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM)
Kualitas Aktiva Produktif

Implikasi



Saran-saran yang dapat diajukan sehubungan dengan hasil penelitian ini, antara lain :

1. Bagi pihak managemen bank untuk selalu menjaga kesehatan keuangan banknya dengan memperhatikan kondisi yang ada, sehingga kesulitan yang timbul dapat diketahui sedini mungkin agar dapat menentukan arah kebijaksanaan yang lebih baik

2. Bagi investor diharapkan dalam proses pengambilan keputusan, untuk menanam modal atau menyimpan dana terlebih dahulu harus memperhatikan rasio-rasio yang dominan berpengaruh terhadap kesehatan bank, sehingga dapat diketahui bagaimana kinerja dari bank tersebut agar dapat diketahui bagaimana kinerja dari bank tersebut agar dapat terhindar dari kerugian pada masa yang akan dating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar